Kamis, 23 Agustus 2018

Biografi Achmad Zacky Ayo Menjadi Pengusaha Muda Sekarang

Biografi Pengusaha Achmad Zacky


 
Disebut sebagai salah satu orang kaya baru di Indonesia. Biografi Achmad Zacky, pendiri BukaLapak yang nilai kekayaanya sampai Rp.1,5 triliun. Siapakah pengusaha muda ini dan apakah kunci sukses Achmad Zacky, berikut biografi Achmad Zacky dirujuk dari berbagai sumber.

Pengusaha muda kelahiran Sragen, 24 Agustus 1986, dari dulu tidak disibukan dengan kegiatan khas anak muda. Teknologi merupakan hal menarik bagi Zacky kecil. Ketika masuk bangku sekolah dasar Zacky kecil sudah berminat akan dunia komputer.

Dia mendapatkan hadiah komputer ketika ulang tahun. Buku pemrograman ditelan Zacky walaupun masih kecil. Passion akan dunia komputer meningkat sepanjang umur. Berlanjut sampai masuk SMA Negeri 1 Solo, dia menjadi salah satu perwakilah sekolah bidang ilmu komputer.

Menjadi perwakilan lomba Olimpiade Science Nasional. Berprestasi sejak kecil memenangkan lomba tersebut. Berkat teknologi bisa masuk ke ITB tahun 2004. Berbagai macam perlombaan berlanjut saat dia berkuliah.

Dia pernah menang lomba Indosat Wireless Innovation Contest. Saat itu tahun 2007, dia mulai masuk ke dunia startup, dimana bisnis pertamanya bidang teknologi ialah MobiSurveyor. Dimana adalah aplikasi pertama yang mampu menghitung survei cepat.

Pengusaha Muda Digital


Biografi Achmad Zacky punya banyak usaha dijalankan oleh pengusaha satu ini. Jadi tidak langsung berhasil lewat BukaLapak. Awal dia membuat aplikasi MobiSurveyor. Selanjutnya dia mendirikan Suitmedia, menjalankan bisnis jasa konsultasi website perusahaan dan masih berjalan.

Lingkungan ITB memang membawa dampak tersendiri. Jiwa entrepreneurship Zacky lebih condong berbisnis di bidang IT. Tetapi bukan tidak pernah membuka bisnis lain. Dalam sebuah artikel pernah gagal jualan mie ayam.

Seorang Zacky pernah membuka usaha mie ayam ketika Semester 2. Bisnis dimulai sejak 2006, yang hanya bertahan 6 bulan, bangkrut karena tidak ada pembeli. "Masih baru enggak ngerti bisnis, tapi jadi pembelajaran mahal," tutur pengusaha muda ini.

Kembali masuk ke dunia digital, lantas mencoba menawarkan jasa dibidang layanan. Bagaimana dia memberikan bantuan kepada masyarakat. Suitmedia tidak berhenti dan barkembang sangat pesat. Dalam satu tahun dia menghasilkan lebih banyak dibanding jualan mie ayam.

Tahun- tahun tersebut bisnis online semakin menaik. Seolah tidak mau kehilangan momentum, Zacky mengkonsep bisnis jual- beli online. Idenya karena dia sendiri meminati membeli online. Kenapa kita tidak membuat situs jualan online sendiri.

Awal berdiri bisnis BukaLapak dimulai oleh tiga orang. Proyek tersebut dijalankan selepas lulu ITB dan bekerja untuk perusahaan. Ide BukaLapak juga tidak lepas dari keprihatinan dia. Ketika pulang kampung para pengusaha UMKM berjuang keras.

Bagaimana dia bisa memfasilitasi mereka para tetangga. Bagaimana pendapatan mereka tidak juga berkembang. Muncul ide tentang software berjualan yang mudah. Berkaca dari beberapa usaha yang pernah dijalani. Zacky lantas mengajak beberapa orang kawan karena tidak bisa sendiri.

Dia merasa tidak bisa membangun bisnis ini sendiri. Ketika dia menawarkan konsep awal tentang BukaLapak, banyak mereka tidak tertarik. Pada masa itu berbisnis online masih meragukan. Bisnis BukaLapak bermula dari sofware seharga Rp.90 ribuan, murah bagi pengusaha jalankan nanti.

Biografi Achmad Zacky pernah membuat software hitung cepat. Pernah diajak oleh stasiun televisi untuk menjadi pembicara. Dia "menjual" software tersebut 10x lipat. Pengalaman ini yang membuat dia makin percaya diri berbisnis teknologi.

Pengusaha Harus Gagal


Perjalanan membangun bisnis BukaLapak dimulai. Dari ratusan nama domain, hanya satu nama yang bertahan dan jadilah ini. Pandangan besar Zacky memang sulit terealisasi. Hingga dia bertemu satu orang kawan satu jurusan dan satu SMA, Xinuc, yang lantas menjadi CTO BukaLapak.

Sosoknya tidak aktif bergaul di organisasi. Lebih senang otak- atik komputer di kamar kosan. Dan ternyata dia terobsesi membuat teknologi. Mereka lantas berdikusi tentang proyek BukaLapak ke depan. Dua bulan tanpa berhenti mereka mengarjakan sistem BukaLapak.

Software mereka matangkan berdua dalam satu kamar. Webiste launching pada Januari 2010, dan coba tebak tidak ada yang datang. Situs BukaLapak sepi tanpa pembeli satupun. Ada 1- 2 orang saja, eh ternyata, ketika dicek ternyata komputer mereka sendiri yang berkunjung.

Cara online tidak menghasilkan. Zacky mencoba strategi tradisional yakni offline. Bergrelia mencari pengguna dari lapak- lapak pinggir jalan. Banyak pengusaha tidak tertarik akan softwarenya. Satu tahun usaha dilakukan, hingga terkumpul 10 ribu UMKM dibawah BukaLapak.com

Apakah Buka Lapak pernah bangkrut. Jawabannya kas perusahaan mereka pernah nol. Pertanyaan itu sempat dijawab Xinuc sendiri. Ia sempat berujar bagaimana kalau berhenti. Sudahi saja menjadi pengusaha memasarkan Buka Lapak.

Zacky selalu mengingatkan mimpi besar mereka. Pemikiran bahwa sekarang mereka sudah punya 10 ribu pelapak. Kalau mereka berhenti apa yang akan mereka lakukan. Bagaimana para pengusaha yang mempercayai produk mereka. Sudah dimulai tidak boleh diakhiri begitu saja tanpa berjuang keras.

Tahun 2012 menjadi titik balik perusahaan karena keadaan. Pasalnya tahun tersebut internet semakin digandrungi. Berjuang membesarkan bisnis Buka Lapak. Zacky mendapat kucuran dana dari EMTEK Group. Uang ratusan miliar rupiah dikucurkan untuk oprasional perusahaan.

Zacky masih aktif mengajak orang secara offline. Mengajak langsung UMKM ikut berbisnis online. Penolakan terhadap bisnis Zacky memiliki cerita. Mereka yang biasa jualan di mall, tidak menarima bisnis Zacky. Justru para UMK yang bersemangat memasarkan bisnis melalui Buka Lapak.

Trobosan bisnis Buka Lapak tidak langsung diterima. Wajar karena website seperti Buka Lapak tidak menjanjikan. Orang masih ragu membeli barang online. Ia lantas lebih aktif mengedukasi masyarakat untuk beralih online. Tak kurang 150.000 pengguna aktif memilih berjualan di BukaLapak.

Inilah Biografi Achmad Zacky, pengusaha muda yang mendirikan BukaLapak.com hingga menjadi orang terkaya. Anak muda yang percaya bahwa bermimpi besar penting. Dia mengingat bagaimana teman- temannya tidak percaya akan masa depan Buka Lapak.

Mereka yang sempat bekerja disana. Lambat laun semakin tidak percaya diri dan resign. Sampai ada perusahaan Jepang EMTEK investasi. Jujur pengusah muda berkaca mata ini heran kenapa mereka mau. Padahal dia menganggap bisnis Buka Lapak belum menghasilan apapun.

Dia merasa masih belum sebesar nilai investasi. Sang pengusaha Jepang lantas meneliti sistem kerja perusahaannya. Mereka tidak masalah dan mungkin melihat masa depan. Biografi Achmad Zacky telah mengajarkan, bahwa menjadi pengusaha muda ialah soal melawan diri sendiri, bukan modal.

Dia menjelaskan bahwa orang Indonesia butuh bantuan. Mereka memiliki produk dan layanan bagus. Sayangnya, mereka butuh bantuan dalam penjualan, apalagi mengingat susahnya memasarkan produk ke mall- mall besar. Ia berharap akan ada lebih banyak pengusaha yang membantu mereka.